Sunday, January 11, 2015

Cara Agar Blog Blogspot Tervalidasi W3C Validator

Validator W3c yang beralamat di http://validator.w3.org/ mencakup validasi XHTML/HTML dan CSS yang dalam hal ini mendukung pengecekan HTML5 dan CSS3.
Validasi ini penting demi untuk memastikan bahwa script/kode yang membangun blog Blogspot kita itu tidak ada Error atau salah (syntax).

Semua blog default (baca: yang kita miliki saat mendaftar) di www.blogger.com hampir semuanya Tidak Tervalidasi. Ini bukan berarti pembuat template blog tersebut tidak mengerti dan tidak pakar agar template tersebut tervalidasi. Anggapan ini salah besar, oleh karena mereka adalah pakar-pakar template dunia yang terkenal keabsahannya.

Apa Pentingnya Blog Tervalidasi?

Ada beberapa asumsi blogger yang telah berpengalaman belasan bahkan puluhan tahun bahwa Validasi Blogspot itu tidak penting. Yang penting, menurut mereka, adalah Bagaimana agar blogspot dapat mendapatkan pengunjung banyak dan pada akhirnya mereka lebih menerapkan tekhnik SEO untuk mendapatkan tujuan tersebut dan mengabaikan semua masalah validasi. Bagaimana hasilnya?
Mengenai hal itu, ada benarnya juga, akan tetapi, alangkah lebih baik bila; selain menerapkan tekhnik SEO, kita juga memperbaiki Bug yang ada di blog blogspot kita. Deal, kan? :D

Lalu, Bagaimana Agar Blogspot Bisa Tervalidasi?

Untuk mengetahui hal ini, Hal pertama yang terpenting yang harus anda lakukan adalah, anda harus memiliki script bersih atau Clean-Up Markup With HTML-Tidy yakni, satu block script blogspot dalam keadaan awal sekali dan bersih dari error.
Sejak adanya bundle.css, blogspot menjadi Tidak Tervalidasi. Oleh karena itu kita harus menyembunyikan bundle.css yang merupakan bawaan template blogspot orisinil ini terlebih dahulu. Untuk tutorial tentang hal itu,bisa anda lihat dan pelajari di link dibawah ini:

http://true-blogger.blogspot.com/2015/01/menghapus-dan-mengganti-css-blogspot.html


Setelah anda memahami bagaimana bentuk script bersih tersebut, maka anda bisa menambahkan widget satu per satu dan membangunnya secara bertahap.

Hal terpenting terakhir berikutnya agar blogmu selalu tervalidasi adalah:
Menghapus kode berikut ini setiap kali anda menambahkan widget baru di blogmu.

<b:include name='quickedit'/>

Jangan cemas, penghapusan itu tidak membuat blogmu bertingkah aneh dan membahayakan :D
Selamat mencoba!

#Note:
Bila ada pertanyaan langsung, silahkan add saya disini:
http://www.facebook.com/Dev7Cyber2012.



No comments:

Post a Comment