Tuesday, January 13, 2015

Mengenal Blogspot Bagian Pertama

Blog berasal dari kata Webblog atau Web Log (Web singkatan dari Website dan Log artinya catatan). Jadi, Blog adalah Catatan Web atau Catatan Online. Catatan ini berarti tulisan-tulisan dalam bentuk paragraph atau menjadi satu kesatuan utuh yang disebut dengan Passage (baca: alur) atau Artikel.
Jauh sebelumnya, blog digunakan untuk mengungkapkan segala hal tentang pemikiran pribadi si punya blog. Blog menjadi ladang curhat dan ide-ide baru yang dengannya mereka (para blogger) mengajak teman-temannya untuk membaca "tulisan" (log) -nya dan memberikan komentar dibawahnya. Sehingga, blog juga dikenal sebagai Website Pribadi atau Personal Website.


Umumnya Blog adalah sub domain dari main domain.

Apa itu sub domain?

Domain adalah nama sebuah situs atau website, misalnya: google, facebook, appacyber, sufanet, twitter, oracle dan sebagainya. Tambahan dot com atau tanda titik + com itu disebut dengan Ekstensi atau akhiran atau tepatnya lagi Level Domain (baca: tingkatan domain). Dengan kata lain, domain itu memiliki tingkat-tingkat.

Level Domain


Level domain ada 2 yaitu: Top Level Domain dan Second Level Domain. Top level domain ciri khasnya berakhiran tanda-titik + com atau dot com, selain itu juga termasuk; .net, .org, .edu (sekarang sdh tidak diterbitkan lagi), .us, .co, dsb.
Sedangkan Second Level Domain itu ada 2 ekstensi/akhiran dibelakang nama domainnya, seperti: .co.id, .or.id, .net id, .sch.id, .mil.id, .my.id, dan sebagainya. Dari contoh second level domain tersebut dapat kita garisbawahi dimana ada 2 jenis atau tipe second level domain:

  • Sebagai Penanda Negara (misalnya: .co.id - yaitu berasal dari COM indonesia)
  • Sebagai Penanda Fungsi atau Eksistensi (misalnya: .or.id, .sch.id - yaitu berasal dari ORG indonesia dan School Indonesia).

Lalu, Apa itu Sub Domain?

Sub domain sebenarnya merupakan Folder (Seperti di Windows Explorer). Nah, kalo main domain (yang terdiri dari top level domain dan second level domain tadi) ibarat Drive C:, drive D dst. Drive C itu dalam bahasa Hosting (Tempat Penyimpanan File Web) bisa bernama: Public_html.

Public_html biasa menjadi ROOT DIRECTORY atau root folder atau semacam DRIVE C pada sebuah website, dan folder atau root directory inilah yang disebut dengan Top Level Domain atau Second level Domain. Artinya, semua file tersimpan disana.

Terus, sub domain itu apa?
Nah, sub domain itu adalah Sub Folder atau folder yang berada didalam Root Directory atau Public_html dan kemudian disetting atau diatur di cPanel (baca: sebuah halaman web khusus yang berguna untuk mengatur semua hal tentang website - termasuk sub domain). Membuat sub domain di cPanel hampir sama dengan membuat Folder baru atau New Folder di Windows explorer.

Contoh Sub Domain:

I. Top Level Domain
Contoh:
Google.com (Top Level Domain)
maka, sub domain google itu misalnya: translate.google.com, maps.google.com, site.google.com, dsb.

Perhatikan ilustrasi berikut ini!


II. Second Level Domain
Contoh:
smkmuhammadiyyah.sch.id
maka, sub domain smkmuhammadiyyah.sch.id adalah (misalnya): osis.smkmuhammadiyyah.sch.id

Nah, Blogspot adalah juga termasuk sub domain dari TLD blogspot.com
Contoh:
true-blogger.blogspot.com

blogspot.com => Top Level Domain
true-blogger => sub domain atau folder "true-blogger" yang berada dalam folder root "public_html" atau dalam folder blogspot.com

Awalnya, Blog termasuk sub domain dari top level domain (baca: TLD) atau sub domain dari second level domain (baca: SLD). Tapi, saat ini, sebuah TLD atau SLD menjadi Blog atau mereka mengatakan bahwa itu adalah Blog mereka. Kenapa demikian? karena website mereka menjadi website pribadi atau personal blog. Itu artinya, mereka menjadikan website mereka sebagai blog seperti arti aslinya seperti dahulu kala.






No comments:

Post a Comment