Wednesday, January 14, 2015

Tips Pengajuan Adsense Setelah Ditolak

Bagi blogger blogspot, bila ingin mendaftar Google Adsense, sebaiknya melalui blogger.com atau melalui blognya yaitu di Menu Setting > Earning.
Bila Link [Earning] tidak muncul atau tidak ada, berarti blogger mendeteksi bahwa bahasa blogmu tidak dalam bahasa Inggris United States, jadi atur terlebih dahulu bahasa blognya.

Lama review setelah pengajuan adsense biasanya paling lama 1 minggu, bisa lebih cepat bergantung pada kualitas konten dan usia blogmu. Ini pasti karena memang sudah menjadi ketentuan adsense agar blogmu diterima (approved).


Bila setelah pengajuan dan review ternyata tidak di-approved/tidak diterima, jangan khawatir, blogmu masih bisa diajukan kembali. Namun sebelumnya perhatikan apa yang menjadi alasan google adsense menolak pengajuan anda. Biasanya dan paling sering adalah, Konten Tidak Memadai atau Tidak mencantumkan Navigasi dan sebagainya.

Alasan tersebut wajar, karena Adsense hanya menerima sebuah blog yang memiliki konten memadai. "Memadai" disini  maksudnya adalah: berkualitas, unik, minimal 300 kata dan tidak terlalu banyak gambar. Blog yang penuh dengan animasi dan video tidak akan diterima. Jadi fokuskan dulu ke konten. Nah bila konten bukan masalah lagi, selanjutnya perbaiki navigasi alias menu, pasang blog archieve tombol pencarian, pasang logo blogger, pasang widget profile atau widget About me. Selanjutnya pilihlah template yang putih atau terang tapi tidak mencolok dan aturlah seakan-akan blog profesional yang dikelola secara serius.

Kebanyakan blogger indonesia tidak mengindahkan masalah diatas. Padahal itu penting banget. Intinya, Konten nomor satu sebagai syarat diterima. Dengan kata lain, Content is a king.
Bila sudah selesai dengan urusan itu, maka postinglah artikel secara rutin, misalnya - minimum - 3 kali seminggu. Setiap hari posting lebih baik lagi. Ingat, jangan kurang dari 300 kata.
Selain itu, faktor tidak diterimanya akun adsense anda adalah karena usia blog masih muda alias baru. Saat ini, google adsense hanya menerima blog yang berusia minimal 6 bulan. Tapi, bila artikel anda sudah banyak dan berkualitas alias bukan jiplakan maka 3 bulan sudah cukup.

Bagaimana dengan blog yang sudah berusia 2 tahun bahkan lebih? kenapa tidak diterima?
Periksa dulu konten blognya, periksa berapa banyak, berapa kata per artikel. Terus, postingnya rutin gak, atau ngacak jadwal postingnya .. jelas tidak akan diterima.
Nah, artinya, google adsense mengharapkan publisher yang serius saja, yang benar2 mau mengelola blognya secara professional. Kebiasaan publisher indonesia yaitu: "asal jadi" tapi pengen 1 milyar ... itu mimpi namanya LOL.

Tips Pengajuan Kembali Akun Adsense

Bila akun anda sudah ditolak, ajukan kembali. Agar pengajuan anda dipertimbangkan dan tidak langsung ditolak hari itu juga, sebaiknya ikuti ketentuan berikut ini:
  1. Perbaiki Blogmu terlebih dahulu berdasarkan keterangan diatas.
  2. Gunakan Email yang berbeda, tapi tetap pakai Gmail, jangan yang lain.
  3. Perbaiki Judul dan Deskripsi blogmu
  4. Postinglah dengan rutin
  5. Pada saat mengajukan kembali akun adsense untuk blog yang sama, maka Gunakan Nama yang berbeda, misalnya nama adikmu, ayah, ibu dan sebagainya yang jelas jangan nama yang pernah ditolak.
  6. Gunakan Nomor HP yang berbeda pula
  7. Pada saat mendaftar, IP Komputer/Laptop anda harus berbeda dari sebelumnya, misalnya bisa menggunakan laptop teman dan pinjamlah sementara ..
  8. Alamat yang diajukan di formulir pengajuan juga harus beda, jadi tidak boleh sama.

Catatan:
Jangan sekali-kali mengajukan kembali sebelum memperbaiki blogmu, mengganti identitas pengajuan termasuk IP dan Usia blog minimal 3 bulan.

Semoga Sukses!

No comments:

Post a Comment